Selayang Pandang Nusa Globe ~ Nusantara Global link of Bese Education Foundation Your SEO optimized title
page contents

Selayang Pandang Nusa Globe

Memeratakan pembangunan dari komponen terkecil dalam masyarakat menuju perubahan sebuah bangsa melalui Pondok berbasis lingkungan, madrasah model alam, terintegrasi teknologi, bernuansa Islami, pola grass Root


Yayasan Nusa Globe atau Global Link of Base Education Foundation adalah Lembaga Swadaya
masyarakat yang berawal dari sekumpulan orang-orang dari berbagai kalangan yang peduli pendidikan. Didirikan oleh Sahnur, Munawir,MA, Jamaludin,M.ED, Dr.Burhanudin serta masyarakat pada tanggal 03 Deseember 2013 sesuai akte notaris.
Hingga saat ini Yayasan Nusa Globe dikembangkan oleh para relawan yang datang dari berbagai kalangan. Satu hal yang sama diantara kami adalah kami disatukan oleh keinginan untuk peduli pendidikan. Yayasan nusa globe adalah organisasi nirlaba yang membiayai kegiatannya sendiri. Dana dikumpulkan dari masyarakat yang peduli dan ingin membantu pendidikan untuk anak desa, melalui pendanaan program, penggalangan dana melalui penyelenggaraan kegiatan, dan sumbangan-sumbangan baik dari pemerintah, perusahaan maupun perorangan
  

 Demi terciptanya good governance  dalam upaya pemberantasan kemiskinan dan ikutserta dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa diperlukan kerjasama dari berbagai elemen masyarakat. Bukan hanya pemerintah yang harus  berandil besar, melainkan juga sektor privat dan masyarakat sendiri mempunyai kewajiban yang  sama tentunya dengan pola pembangunan yang berasal dari bawah (grass root) seperti yang diamanahkan dalam UUD 1945 bahwa hak untuk mendapatkan pendidikan adalah salah satu hak asasi manusia

“Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.”

Sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, dan mewujudkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Maka dari itu menjadi tugas seluruh elemen bangsa ini untuk turut serta memajukan pendidikan, baik itu pemerintah (public sector), swasta (private sector), Lembaga Swadaya Masyarakat (Non Government Organization), dan seluruh komponen masyarakat lainnya.
CSR merupakan suatu bentuk komitmen perusahaan untuk membangun kualitas kehidupan yang lebih baik bersama stakeholder terkait, terutama sekali masyarakat didaerah dimana perusahaan tersebut berada. Peran CSR menjadi semakin penting dalam usaha mendorong bagi terciptanya keseimbangan pembangunan baik ekonomi, sosial maupun lingkungan. Hal ini berangkat dari kenyataan bahwa selain sebagai institusi ekonomi, perusahaan juga merupakan institusi sosial, dengan demikian diharapkan perusahaan dapat maju dan berkembang secara harmonis bersama masyarakat khusunya pada daerah perusahaan tersebut berada.


Keluarga sebagai komponen terkecil dalam masyarakat menjadi titik kunci perubahan sebuah bangsa. Oleh karenanya kami Yayasan Nusa Globe atau Nusantara Global Link of Base Education Foundation merasa terpanggil untuk bersama ikut serta dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa  khususnya di wilayah pedesaan (Dusun Aik Paek Desa Ganti Kec. Praya Timur, Kab. Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat)dengan membangun Sentra Pendidikan Pedesaan sebagai upaya pemerataan pengetahuan dan kesempatan dengan pola pembangunan dari bawah/grass root yang selanjutnya pusat kegiatan tersebut kita sebut Repok Science Technology yang disingkat Resto Centre, menjadi gerakan yang potensial dalam upaya percepatan kemajuan pembangunan bangsa dan negara.

Dengan pembangunan Resto Center sebagai langkah kongkrit Nusantara Global Link of Base Education Foundation, kedepan diharapkan menjadi Basecamp/pusat pelayanan Pendidikan, Pelatihan, Pengembangan teknologi dan lainnya dipandang perlu bagi masyarakat desa guna mampu bersaing pada kancah nasional maupun internasional, mampu memberi warna pada sistim pendidikan Indonesia yang lebih baik melalui penyelenggaraan pendidikan formal dan non formal sesuai karaktristik pedesaan.

Resto Centre         Jln.Raya Ganti Beleka Gang Asia Afrika
                                                Aik Paek Desa Ganti Kecamatan Praya Timur
                                                Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat 83581

0 komentar:

Posting Komentar

 
http://www.addurl.nu